Berita Teratas :
Home » » Resensi Buku Mengapa Siswa Gagal, John Holt

Resensi Buku Mengapa Siswa Gagal, John Holt

Written By Unknown on Minggu, 02 Desember 2012 | 12.19

e-CaLm, Dalam dunia pendidikan, guru memiliki peran yang sangat vital dalam mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik kepada peserta didik. Bagaimanapun, berhasil atau tidaknya siswa dalam proses menimba ilmu, salah satunya dapat diukur dari peran para pendidik dalam mengejawantahkan metode mengajar. Pasalnya, metode mengajar merupakan aspek terpenting dalam proses daya tangkap siswa memahami materi pembelajaran.
Guru Inspiratif

Melalui buku ini John Holt menawarkan gagasan-gagasan menarik tentang hakikat pembelajaran yang sangat relevan untuk diterapkan dalam dunia pendidikan. Salah satu gagasan Holt yang menarik adalah pentingnya menjadi guru atau pendidik yang inspiratif bagi para peserta didik. Dalam analisisnya, kegagalan siswa memahami materi pembelajaran lebih disebabkan oleh kekeliruan penerapan metode dan tehnik mengajar. Seringkali para pendidik melupakan aspek terpenting dalam menerapkan metode pengajaran, yaitu memberi inspirasi bagi para siswa agar senantiasa memiliki spirit dan motivasi maju.

Ide kreatif John Holt berangkat dari kesimpulan atas pengamatannya sebagai guru sekolah, bahwa penghalang dari proses belajar anak-anak di sekolah adalah “rasa takut“. Rasa takut menjawab salah, rasa takut diolok-olok guru dan teman-teman sekelas, dan rasa takut bahwa mereka tidak cukup baik. Ini diperparah oleh paksaan untuk mempelajari hal-hal yang tak mereka minati.

Bagi Holt, metode pembelajaran yang efektif merupakan sebuah proses menemukan. Artinya, para pendidik harus menciptakan kondisi atau membuat penemuan proses pembelajaran yang efektif tanpa mengabaikan aspek waktu, kesenangan, kebebasan, dan ketiadaan tekanan terhadap peserta didik. Dalam proses menemukan metode pembelajaran yang efektif, para pendidik akan terlatih menjadi pengajar yang inspiratif bagi peserta didik. Sehingga para siswa dalam menjalani proses belajar lebih merasa nyaman dan senang.

Keluar dari Gelap
E Calm

Dalam konteks pendidikan, khususnya di Indonesia, belum banyak ditemukan sosok guru yang mampu menginspirasi murid-muridnya untuk maju. Bagaimanapun, inspirasi seorang guru dapat membawa para pelajar keluar dari gelap menuju alam terang. Dari kemandekan berpikir menuju kecerahan untuk selalu belajar, berkreasi dan mencipta. Berawal dari inspirasi para pendidik, siswa diharapkan mampu memberi pelecut semangat bagi teman-teman untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

Pakar pendidikan Hu Wen Chiang, juga mendengungkan pentingnya menjadi guru yang inspiratif. Menurut analisisnya, tipe guru yang paling ideal adalah guru yang mampu menjadi inspirasi bagi muridnya untuk maju. Itulah sebabnya inspirasi dari seorang guru sangat urgen untuk digalakkan oleh setiap pendidik. Karena, inspirasi dari seorang guru secara tidak langsung memiliki kekuatan yang mampu mengubah pola pikir siswa ke arah yang lebih baik. Tidak berlebihan bila peran seorang guru yang inspiratif merupakan faktor utama penggerak peradaban di ranah pendidikan.

Secara eksplisit John Holt berusaha mengingatkan peran pendidik agar menciptakan metode mengajar yang tepat untuk para peserta didik. Peran para pendidik sejatinya adalah mengasah kepekaan dalam melayani keingintahuan siswa atas apa yang belum dipahaminya.

Melalui metode dan tehnik mengajar yang tepat, pendidik diharapkan mampu membangun antusiasme proses belajar-mengajar yang lebih kreatif dan progresif. Buku ini bisa digunakan oleh para pendidik atau calon pendidik untuk bercermin.

Sehingga, guru diharapkan mampu menciptakan generasi baru yang lebih cerdas dan bermartabat, bukan malah melahirkan siswa produk gagal.

Judul Buku : Mengapa Siswa Gagal
Penulis : John Holt
Penerbit : Erlangga, Jakarta
Cetakan : 2011
Tebal : 309 Halaman
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rumus Belajar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger